Home Services Research Method

Research Method

Dalam proses pengambilan keputusan strategis sangat dibutuhkan sekali dukungan informasi dan data lapangan. Pengambilan keputusan tanpa berdasarkan data yang akurat sangatlah beresiko, yang berarti kegagalan sebuah program atau kebijakan yang akan ditawarkan, hingga kerugian finansial.

Salah satu metodologi ilmiah yang dapat membantu proses pengambilan keputusan adalah menggunakan riset. Riset pemasaran atau sosial, selain akan memberikan dukungan data lapangan yang akurat juga dapat meminimalisasi resiko kesalahan dalam pengambilan keputusan strategis.

Anggapan riset pemasaran atau sosial itu menyulitkan dan butuh biaya besar, sehingga hanya perusahaan/instansi besar saja yang dapat menjalankannya, tidaklah sepenuhnya benar. Banyak jenis dan metode riset dapat dilakukan dengan bujet yang minim oleh satu departemen terkait atau oleh perusahaan kecil dan menengah.

Namun riset pemasaran bukan sekedar proses pengumpulan data saja, diperlukan kompetensi dan best practices untuk mengubah “information” menjadi “insight”. Sebuah masukan yang berharga dalam proses pengambilan keputusan strategis.

SIGMA RESEARCH telah membantu banyak perusahaan nasional dalam menjalankan jasa riset pemasaran yang akurat dan penuh guna, dengan biaya riset yang efisien.

Dalam setiap risetnya, Sigma Research menggunakan metodologi penelitian utama, yakni metode kualitatif dan kuantitatif, baik berbasiskan data sekunder maupun data primer.

Internal Data Analysis

Metode penelitian dengan mengoptimalkan data internal yang dimiliki pihak klien. Dengan teknik analisa statistik modern (seperti data mining), dapat ditemukan akar masalah, pola hubungan dari parameter terkait, hingga peramalan (forecasting) di masa yang akan datang.

 

Desk Research

Salah satu metode penelitian kualitatif untuk analisa makro dengan bujet yang relatif minim. Sigma Research memiliki periset spesialis bidang kualitatif yang memiliki kompetensi dalam content analysis dan periset di bidang investigatif khusus. Sumber data berasal dari media massa, BPS, BI, jurnal, laporan keuangan perusahaan, hasil survey, dan literatur terkait lainnya.

 

In-Depth Interview

Teknik pengumpulan data metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap narasumber. Periset Sigma Research memiliki kemampuan melakukan teknik ini, baik dalam pendekatan target narasumber, teknik probing dan eksploratif, hingga menyajikannya dalam laporan penelitian yang bernas.

 

Investigative Interview

Seperti halnya in depth interview, Sigma Research memiliki periset berlatar belakang jurnalis, selain melakukan wawancara mendalam juga lebih jauh melakukan investagasi seperti halnya dengan business intelligent.

 

Focus Group Discussion

Metode kualitatif dengan melakukan diskusi terarah grup-grup narasumber. Sigma Research berpengalaman dalam mendesain FGD, menyiapkan grup FGD, periset spesialis moderator FGD, hingga pelaporan kualitatif yang dilengkapi rekaman VCR.

 

Field Survey

Metode pengumpulan data kuantitatif dengan wawancara tatap muka (face to face interview) target responden. Sigma Research memiliki interviewer berpengalaman di 15 kota besar di Indonesia. Dari penentuan jumlah sampel, kriteria responden, serta quality control sangat diperhatikan dan telah menjadi standar baku.

 

Central Location Test (CLT)

Untuk penelitian singkat sejenis concept testing, Sigma Research menyedia-kan metode Central Location Test (CLT). Metode pengumpulan data ini dilakukan di suatu tempat strategis untuk mendapatkan target responden secara massal, seperti mall, pasar, kampus, atau lokasi perkantoran.

 

Telesurvey/CATI

Metode pengumpulan data kuantitatif lain yang cukup cepat adalah computer-assisted-telephone-interview (CATI). Wawancara via telepon dan langsung ter-entry via komputer. Sigma Research memiliki akses khusus via CATI dan telah membantu beberapa klien yang membutuhkan hasil survey dengan cepat.

 

Mystery Shopping

Salah satu teknik pengumpulan data metode kuantitatif untuk evaluasi performansi layanan seperti perbankan, biasa dilakukan dengan mengirim periset yang berperan sebagai nasabah (=mysterious shopper). Periset ini akan mengisi lembar observasi yang selanjutnya dianalisa.

 

Data Processing

Tahapan penting setelah pengumpulan data adalah pemrosesan data baik kualitatif atau kualitatif. Sigma Research memiliki tim yang spesialis dalam hal data coding, data entry, data tabulation, hingga data analysis. Dilengkapi aplikasi pemograman statistik modern yang akan membantu pemrosesan data survey secara cepat dan valid, seperti: SPSS Data Entry, CS Pro, dan Epi Data.