Home News

Potensi Gurih Pasar Kelas Menengah Indonesia

Laporan The Boston Consulting Group (BCG) tentang pertumbuhan Middle Class and Affluent Consumers (MACs) yang dirilis tahun lalu memberikan optimisme bahwasanya potensi pasar industri teknologi di Indonesia yang begitu menggiurkan. BCG menjelaskan Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang paling pesat pada pertumbuhan masyarakat kelas konsumen.

Indonesia Menjadi Negara Dengan Perkembangan E-Commerce Terpesat

Hasil kajian konsultan teknologi Redwing-Asia, “E-commerce in Indonesia – a Big Bang waiting to happen”,  Indonesia dinilai dapat menjadi negara potensial dengan perkembangan E-commerce paling pesat. Menurut Redwing, Indonesia mampu meraih perkiraan jumlah total pendapatan mulai dari sekitar 3 Milyar dollar AS (skenario terendah) hingga 10 Milyar dollar AS (skenario tertinggi) pada tahun 2015. Melihat sisi potensi ini, mampu menarik perhatian para pemain utama E-commerce dan sejumlah kelompok investasi di seluruh dunia, khususnya dari sudut pandang China sebagai salah satu pemain utama dalam sektor Electronic Retailing (E-tailing) yang berkembang pesat dalam 5 tahun terakhir.

Konsumen Indonesia Menghabiskan Rp. 5,5 juta/tahun Untuk Belanja Online

Pada semester kedua tahun 2013 lalu, Greenberg Brand Strategy atas permintaan Visa melakukan penelitian bertajuk “ The Driving E-commerce Volume Through Consumer Insights: Indonesia 2013”. Pengumpulan data untuk survei dilakukan pada bulan Juli 2013, berdasarkan survei online, wawancara mendalam, serta focus group discussion (FGD) yang dilakukan kepada 516 responden. Para responden ini berusia 18 tahun ke atas dan berasal dari Jakarta (40%), Bandung (10%), Surabaya (10%), dan sisanya berasal dari Tangerang, Bekasi, Depok, Semarang, Medan, Makassar dan kota-kota lainnya (40%), seperti dikutip dari Investor Daily dan Daily Social.