Home Consumer Reports Dana Investasi Anak

Moms & Baby Survey - Dana Investasi Anak

Segmen bayi dan anak dibawah dua tahun (baduta) merupakan segmen pasar yang sangat potensial. Para orangtua dan para ibu khususnya ibu baru (newly moms) tidak segan-segan untuk memberikan yang “terbaik” bagi anak-anaknya. Pada tahapan ini orangtua cenderung memanjakan anaknya dengan memberikan “hanya”  produk berkualitas terbaik untuk anak mereka.

Title
Studi Perilaku Belanja Ibu
Baduta - Kategori Produk Dana Investasi Anak

Author : Sigma Research Indonesia
Year of Publication : 2015
Publishers : Sigma Research Indonesia
Language : Indonesian
Genre : Business Report
ISBN : -

Price : IDR 12.500.000

 

HIGHLIGHTS

Segmen bayi dan anak dibawah dua tahun (baduta) merupakan segmen pasar yang sangat potensial. Para orangtua dan para ibu khususnya ibu baru (newly moms) tidak segan-segan untuk memberikan yang “terbaik” bagi anak-anaknya. Pada tahapan ini orangtua cenderung memanjakan anaknya dengan memberikan “hanya”  produk berkualitas terbaik untuk anak mereka.

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan terdapat 4.880.951 angka kelahiran bayi pada tahun 2015. Angka kelahiran bayi diestimasikan akan meningkat  sebanyak 1.49% setiap tahunnya yang menjadikan potensi segmen pasar bayi dan anak dibawah dua tahun (baduta) menjadi segmen pasar yang sangat menarik untuk digarap. Peluang ini semakin menggiurkan karena diiringi dengan besarnya peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia yang dikenal gemar berbelanja. Populasi kelas menengah ke atas (pengeluaran >Rp 3 juta per bulan) di perkotaan mencapai 59% dari total penduduk di Indonesia

Besarnya potensi pasar ini, pada bulan Januari 2015 Sigma Research berinisiatif untuk melakukan penelitian tentang perilaku ibu yang memiliki bayi dan anak dibawah dua tahun (baduta)  di 17 kota (Jakarta, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang,  Batam, Solo, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Manado) dengan jumlah sampel 800 responden. Tujuan riset ini untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang perilaku ibu yang memiliki  bayi dan anak dibawah dua tahun baik dari sisi demografi dan perilaku, kepada pengelola merek yang menyasar segmen bayi dan anak dibawah dua tahun.

Dari hasil penelitian ini ditemukan besarnya peran Ibu sebagai “decision maker” dalam pembelanjaan rumah tangga, dalam hal ini khususnya perlengkapan bayi (baduta). Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa terdapat pergeseran dalam perilaku berbelanja para ibu baduta dimana saat ini mereka mulai banyak menggunakan kemudahan online shopping. Selain temuan di atas, penelitian ini juga mengungkapkan tentang besar pasar (market size), market leader, dan brand share dari produk bayi dan anak yang ada di pasaran.

Dengan meningkatnya 15%-20% biaya pendidikan setiap tahunnya, serta inflasi yang tidak dapat diprediksi menjadikan pentingnya perencanaan dana pendidikan anak untuk dimulai sejak sangat dini. Diantara beberapa pilihan investasi pendidikan yang tersedia, ditemui produk asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan sebagai yang paling populer digunakan.

 

METHODOLOGY

Studi Perilaku Belanja Ibu Baduta ini menggunakan dua jenis pendekatan dalam pengumpulan data yaitu pengumpulan data primer dengan menggunakan descriptive research olehSigma Research,  dan data sekunder yang berasal dari data kependudukan yang dimiliki  oleh Badan Pusat Statistik dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Riset deskriptif secara kuantitatif dilakukan dengan kuesioner terstruktur dan wawancara tatap muka (face to face interview).

Sebanyak 800 (delapan ratus) ibu yang memiliki anak dibawah dua tahun (baduta) dari kelompok pengeluaran (SES A-C) dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini.  Responden berasal dari 13 kota besar di Indonesia dan dengan MoE sebesar 4.9%. Rincian per kota: Medan 60, Palembang 45, Batam 30, Jakarta 125, Bekasi Kota 60, Tangerang Selatan 30, Depok 30, Bogor Kota, 30, Bandung 60, Semarang 45, Solo 30, Yogyakarta 30, Surabaya 90, Denpasar 30, Balikpapan 30, Makassar 45 dan Manado 30.  Survey dilakukan selama bulan Januari-Februari 2015.

 

Download PDF